SELAMAT BERKUNJUNG DI BLOG SEDERHANA FORUM MGMP BERMUTU KABUPATEN SUKABUMI, BERIKUT : SUSUNAN PENGURUS FORUM MGMP KABUPATEN SUKABUMI,... KETUA : ASEP SURYANA, M.Pd SEKRETARIS : HERMAN, S.Pd BENDAHARA : DIAN FARIDA, M.Pd KETUA BIDANG : 1. PERENCANAAN : Drs. MAMAT R, M.Pd 2. ORG. ADM DAN SARPRAS : RATNA MUDANINGRUM, S.Pd 3. HUMAS DAN KERJASAMA : IWAN SUMANTRI, S.Pd ANGGOTA : 1. MGMP MATEMATIKA BERMUTU GUGUS CIBADAK 2. MGMP IPA BERMUTU GUGUS CIBADAK 3. MGMP BAHASA INGGRIS BERMUTU GUGUS CISAAT 4. MGMP BAHASA INDONESIA BERMUTU GUGUS CISAAT 5. MGMP MATEMATIKA BERMUTU GUGUS CICURUG 6. MGMP BAHASA INDONESIA BERMUTU GUGUS CICURUG 7. MGMP BAHASA INGGRIS BERMUTU GUGUS CICURUG 8. MGMP IPA BERMUTU GUGUS CICURUG 9. MGMP MATEMATIKA BERMUTU GUGUS SUKARAJA 10. MGMP BAHASA INGGRIS BERMUTU GUGUS SUKARAJA 11. MGMP BAHASA INDONESIA BERMUTU GUGUS SUKARAJA 12. MGMP IPA BERMUTU GUGUS SUKARAJA 13. MGMP MATEMATIKA BERMUTU GUGUS CIKEMBAR 14. MGMP BAHASA INDONESIA BERMUTU GUGUS CIKEMBAR 15. MGMP IPA BERMUTU GUGUS CIKEMBAR 16. MGMP IPA BERMUTU GUGUS PELABUHANRATU 17. MGMP BAHASA INGGRIS BERMUTU GUGUS PELABUHANRATU 18. MGMP MATEMATIKA BERMUTU GUGUS PELABUHANRATU 19. MGMP IPA BERMUTU GUGUS JAMPANG KULON 20. MGMP BAHASA INDONESIA BERMUTU GUGUS JAMPANG KULON 21. MGMP BAHASA INGGRIS BERMUTU GUGUS JAMPANG KULON 22. MGMP MATEMATIKA BERMUTU GUGUS JAMPANG KULON 23. MGMP IPA BERMUTU GUGUS SAGARANTEN 24. MGMP BAHASA INGGRIS BERMUTU GUGUS SAGARANTEN.... Indikator Guru Mata Pelajaran yang Profesional (Dirangkum dari berbagai sumber): 1. Memanfaatkan dan mengembangkan lingkungan belajar Mata Pelajaran 2. Mengembangkan sumber-sumber belajar Mata Pelajaran 3. Melibatkan siwa dalam kegiatan apersepsi pembelajaran Mata Pelajaran 4. Berhasil mempromosikan motivasi siswa belajar Mata Pelajaran 5. Mengembangkan pembelajaran Mata Pelajaran secara klasikal 6. Mengembangkan pembelajaran Mata Pelajaran secara diskusi kelompok 7. Mengembangkan pembelajaran Mata Pelajaran dalam pelayanan individu 8. Menghubungkan Mata Pelajaran dengan keperluan lain dalam mata pelajaran lain 9. Mengembangkan sturktur pbm Mata Pelajaran 10. Mengembangkan skenario interaksi pbm Mata Pelajaran 11. Mengembangkan skenario pencapaian kompetensi Mata Pelajaran 12. Mengembangkan skenario kegiatan Mata Pelajaran siswa 13. Mengembangkan penilaian berbasis kelas 14. Melakukan kegiatan refleksi pbm Mata Pelajaran 15. Meneliti pbm Mata Pelajaran yang diselenggarakannya 16. Menjadi pengembang kurikulum Mata Pelajaran sekaligus silabusnya 17. Mengembangkan media pembelajaran Mata Pelajaran 18. Mengembangkan alat peraga Mata Pelajaran 19. Mampu menyusun buku text pelajaran Mata Pelajaran 20. Mampu mengembangkan berbagai macam LKS 21. Menyelenggarakan pbm Mata Pelajaran berdasarkan suatu teori baik metode maupun teori belajar siswa 22. Melakukan refleksi pbm Mata Pelajaran 23. Mampu memanfaatkan dan mengembangkan ICT untuk pbm Mata Pelajaran misalnya pemenfaatan BLOG 24. Melakukan inovasi pbm Mata Pelajaran secara kontinue dan konsisten 25. Mengembangkan pelayanan terhadap kebutuhan belajar Mata Pelajaran siswa termasuk kesulitan-kesulitannya. 26. Mampu bekerjasama dengansesama guru dalam memperbaiki pbm Mata Pelajarannya 27. Mampu mengkomunikasikan problematika pbm Mata Pelajaran kepada orang lain. 28. Secara ikhlas dan terbuka menerima kritik dan saran dai orang lain tentang kekurangan dalam menyelenggarakan pbm Mata Pelajaran. 29. Selalu berusaha menjadi inisiator atau orang terdepan dalam mengembangkan pbm Mata Pelajaran yang inovatif. 30. Memandang bahwa kagiatan mengajar juga merupakan bagian dari mengisi dan mengamalkan ibadahnya. 40. Merasa bertanggungjawab dan konsisten kepada semua level kepentingan, mulai diri sendiri, siswa, teman guru, sekolah, Kepala Sekolah, dst. 41. Mampu menulis karya-karya atau artikel di penerbitan, koran, majalah atau jurnal mengenai aspek pengembangan pbm Mata Pelajaran yang diselenggarakannya. 42. Aktif mengikuti kegiatan-kegiatan MGMP, seminar, lokakarya dan lesson study bidang pbm Mata Pelajaran. 43. Terlibat aktif di sekolah dalam bidang pengembangan pbm Mata Pelajaran 44. Kegiatan mengajar Mata Pelajaran menjadi kegiatan dan prioritas utamanya 45. Menguasai konten Mata Pelajaran 46. Menyadari dan mampu mengimplementasikan pbm Mata Pelajaran pada tataran kualitas yang lebih tinggi (kualitas ke dua)

Sabtu, 29 Januari 2011

CONTOH PROPOSAL KEGIATAN STUDY VISIT


PROPOSAL
KEGIATAN STUDY VISIT
MGMP BAHASA INDONESIA GUGUS CICURUG
KABUPATEN SUKABUMI
2011



Oleh : Herman, S.Pd (MGMP Bhs.Indonesia Gugus Cicurug)




A.     Rasional Pelaksanaan Study Visit

Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pasal 20 ayat b bahwa dalam rangka melaksanakan tugas keprofesionalannya, guru berkewajiban meningkatkan dan mengembangkan kualifikasi akademik dan kompetensi secara berkelanjutan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
Untuk melaksanakan pesan undang-undang tersebut, MGMP Bahasa Indonesia Gugus Cicurug, telah melaksanakan kegiatan belajar  dengan menggunakan paket belajar Program BERMUTU. MGMP Bahasa Indonesia Gugus Cicurug beranggotakan 11 SMP, Untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran program BERMUTU, Bahasa Indonesia Gugus Cicurug menggunakan fasilitas di sekolah inti.
Setelah tujuh kali pertemuan kegiatan MGMP, guru peserta masih mendapat kesulitan untuk mengembangkan proposal Penelitian Tindakan Kelas dan menerapkan pembelajaran  dengan menggunakan model pembelajaran yang mengaktifkan siswa.
  Untuk memotivasi dan menambah wawasan  guru-guru anggota MGMP Bahasa Indonesia Gugus Cicurug, kami pengurus merencanakan untuk melakukan study visit ke MGMP Bahasa Indonesia Gugus Cisaat yang telah berhasil itu.

B. Tujuan Study Visit
Study visit ini dilaksanakan dengan tujuan untuk:
1.      Menanambah wawasan guru peserta MGMP Bahasa Indonesia Gugus Cicurug.
2.      Memperoleh gambaran pelaksanaan belajar di MGMP Bahasa Indonesia Gugus Cisaat;
3.      Memperoleh informasi tentang faktor-faktor yang membuat MGMP Bahasa Indonesia Gugus Cisaat berhasil  membelajarkan anggotanya membuat proposal PTK dan mengimplementasikan model pembelajaran inovatif di sekolah anggotanya;
4.      Memperoleh informasi fasilitas belajar yang tersedia di MGMP Bahasa Indonesia Gugus Cisaat;
5.      memperoleh gambaran pelaksanaan PAIKEM di SMP Negeri 1 Cisaat.

C. Sasaran
YANG MELAKUKAN KUNJUNGAN (VISITASI)
SASARAN
KETERANGAN
Anggota MGMP Bahasa Indonesia Gugus Cicurug
1.      MGMP Bahasa Indonesia Gugus Cisaat
Yang mendapatkan DBL dan memiliki keunggulan dalam kelengkapan sumber belajar, pemandu memiliki pengalaman praktis dalam membelajarkan teman sejawat
2.      SMP Negeri 1 Cisaat
SMP yang memiliki keunggulan dalam menerapkan PAIKEM dan memiliki kelas akselerasi

D. Materi
1. Hasil Pelaksanaan program BERMUTU di MGMP Bahasa Indonesia Gugus Cisaa.
2. Implementasi hasil kegiatan MGMP di SMP Negeri 1 cisaat

E.  Hasil yang Diharapkan
1.        Informasi tentang keberhasilan pembelajaran di MGMP Bahasa Indonesia Gugus Cisaat dalam membelajarkan anggotanya sehingga berhasil membuat proposal PTK.
2.        Informasi tentang proses pembelajaran di MGMP Bahasa Indonesia Gugus Cisaat
3.        Informasi tentang sumber belajar yang digunakan.
4.        Contoh proposal PTK yang dibuat guru anggota MGMP Bahasa Indonesia Gugus Cisaat.
5.        Contoh perangkat pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran inovatif (menerapkan PAIKEM).

F. Waktu Pelaksanaan
Kegiatan study visit ke MGMP Bahasa Indonesia Gugus Cisaat akan dilaksanakan pada tanggal 19 Januari  2011 jam 08.00 s.d 10.00 ; sedangkan kunjungan ke SMP Negeri 1 Cisaat akan dilaksanakan pada tanggal 19 Januari 2011 pada pukul 10.30 s.d 12.00.

G. Pembiayaan          
Pembiayaan study visit berasal dari anggaran yang dialokasikan dari DBL sesuai dengan proposal dan RAB yaitu sebesar Rp 2.330.000,-. Jumlah anggaran yang digunakan serta peruntukannya sesuai dengan RAB yang telah divalidasi LPMP Provinsi Jawa Barat.

H. Mekanisme Kegiatan
1.      Menyusun Panduan kunjungan;
2.      Pemberitahuan ke Dinas Pendidikan dan MGMP Bahasa Indonesia Gugus Cisaat serta SMP Negeri 1 Cisaat
3.      Pemberian Penjelasan kepada anggota MGMP Bahasa Indonesia Gugus Cicurug mengenai study vist ke MGMP Bahasa Indonesia Gugus Cisaat serta SMP Negeri 1 Cisaat
4.      Pelaksanaan Sudy Visit.
5.      Analisis data hasil kunjungan
6.      Penyusunan Laporan

I. Tatatertib Peserta Study Visit
a.       Persiapan
· Pelajari panduan kegiatan study visit
· Pelajari instrumen yang akan digunakan pada waktu observasi MGMP dan Pembelajaran di SMP
· Buat catatan tambahan hal-hal yang ingin ditanyakan lebih lanjut
· Bawalah alat perekam atau  kamera jika diperlukan


b. Pelaksanaan
·  Lakukan kegiatan sesuai  panduan
·  Lakukan observasi dengan menggunakan instrumen  observasi yang telah disiapkan
·  Lakukan wawancara dengan instrumen Panduan wawancara yang telah disiapkan.
·  Carilahi informasi yang lengkap dari MGMP dan SMP yang dikunjungi.
·  Catat semua informasi yang diperoleh melalui catatan study visit.
·  Kumpulkan dokumen yang diperlukan sebagai kelengkapan study visit.

c. Tindak lanjut
·  Mengolah hasil study visit dan menyusun laporannya sesuai rambu-rambu.
·  Melakukan perbaikan program serta pelaksanaan kegiatan di  MGMP.
·  Melakukan perbaikan pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas, sebagai implementasi hasil study visit.

J. Penutup

Demikianlah proposal kegiatan study visit ini kami susun sebagai langkah perencanaan kegiatan study visit agar mencapai tujuan yang diharapkan. Kami berharap proposal ini menjadi landasan pelaksanaan study visit bagi pengurus maupun anggota MGMP.


2 komentar: